Teknologi

11 Alasan untuk Mempertimbangkan Upgrade ke Windows Server 2012

Jadi Microsoft bergabung dengan produk server baru lainnya. Secara umum, kami menemukan versi baru dari produk server Microsoft lebih baik daripada pendahulunya dan tentu saja jauh lebih baik daripada rekan-rekan sistem operasi desktop mereka yang telah menyebabkan beberapa kegembiraan tetapi lebih banyak kecemasan dan orang-orang tampaknya menunggu rilis paket layanan 1 yang tak terhindarkan.

Setelah bermain-main dengan pratinjau rilis Windows Server 2012, kami menemukan beberapa hal menarik tentang server baru untuk dibagikan kepada Anda. Beberapa orang skeptis tentang antarmuka baru yang sebelumnya dikenal sebagai Metro, tetapi dengan lebih menekankan pada Core Server dan Minimal Server Interface, UI tidak mungkin menjadi faktor penentu ketika memilih untuk meningkatkan. Yang lebih penting adalah perubahan besar dan kemampuan baru yang membuat Server 2012 lebih mampu menangani beban kerja dan kebutuhan jaringan Anda.

Berikut adalah 11 alasan untuk memberikan pertimbangan serius untuk meningkatkan ke Server 2012 lebih cepat dari sebelumnya.

1: Kebebasan untuk memilih antarmuka

Menginstal Server Core memberikan keuntungan keamanan dan kinerja, tetapi di masa lalu, Anda harus membuat pilihan: Jika Anda menginstal Server Core, Anda hanya akan menggunakannya hanya dengan baris perintah sebagai antarmuka Anda. Namun, ini berubah dengan Windows Server 2012.

Microsoft menyadari bahwa baris perintah cocok untuk beberapa tugas dan antarmuka grafis lebih baik untuk yang lain. Server 2012 menjadikan GUI sebagai “fitur” – yang dapat dinyalakan dan dimatikan sesuka hati, sehingga menghemat sumber daya saat server hanyalah server. Anda melakukan ini melalui opsi Hapus Peran atau Fitur di Manajer Server.

2: Manajer Server

Mengenai Manajer Server, bahkan banyak dari mereka yang tidak menyukai antarmuka baru (metro) berbasis ubin secara keseluruhan telah mengakui bahwa implementasi desain di Manajer Server baru luar biasa.

Salah satu hal terbaik tentang Manajer Server baru adalah kemampuan multi-server, yang menyederhanakan penyebaran peran dan fitur dari jarak jauh ke server fisik dan virtual. Sangat mudah untuk membuat grup server – grup server yang dapat dikelola bersama. Peningkatan administrasi jarak jauh memungkinkan Anda mengatur server tanpa harus membuat koneksi RDP.

3: Blok Pesan Server 3.0

Protokol SMB telah ditingkatkan secara signifikan pada Windows Server 2012 serta Windows 8. Versi baru mendukung fitur server file baru, seperti failover transparan SMB, Skala Keluar SMB, Multisaluran SMB, SMB Langsung, enkripsi SMB, VSS untuk berbagi file SMB , persewaan direktori SMB , dan SMB PowerShell. Ini juga bekerja dengan baik dengan Hyper-V, sehingga file VHD dan file konfigurasi mesin virtual dapat di-host di berbagi SMB 3.0. Basis data sistem SQL dapat disimpan di bagian SMB juga dengan peningkatan kinerja.

4: Kontrol Akses Dinamis (DAC)

Microsoft telah mengalihkan fokusnya dari produk keamanan terpisah ke pendekatan yang lebih “dipanggang” untuk mengintegrasikan keamanan ke dalam setiap bagian sistem operasi.

Kontrol Akses Dinamis adalah salah satu contohnya, membantu Profesional TI membuat model keamanan yang lebih terpusat untuk mengakses sumber daya jaringan dengan menandai data sensitif secara manual dan otomatis, berdasarkan faktor seperti konten file atau pembuatnya. Setelah itu, kontrol akses berbasis klaim dapat diterapkan.

5: Ruang Penyimpanan

Storage merupakan topik yang menarik dalam industri IT akhir-akhir ini. Kami masih menyimpan segala sesuatu dari jarak jauh di cloud yang masih menjadi perhatian banyak organisasi tentang keamanan dan keandalan. Ada banyak solusi untuk menyimpan data di jaringan Anda dengan cara yang memberikan penggunaan sumber daya penyimpanan yang lebih baik, manajemen terpusat, skalabilitas yang lebih baik bersama dengan keamanan dan keandalan, SAN dan NAS melakukan hal itu, tetapi harganya mahal.

Storage Spaces adalah fitur baru yang hebat di Server 2012 yang memungkinkan Anda menggunakan hard drive murah untuk membuat grup penyimpanan, yang kemudian dapat dibagi menjadi ruang bekas seperti disk fisik. Ini dapat mencakup drive siaga panas dan menggunakan metode redundansi seperti mirroring atau paritas 2 atau 3 arah. Yang hebat adalah Anda dapat menambahkan disk baru setiap detik, dan ruangnya lebih besar dari kapasitas fisik kumpulan. Saat Anda menambahkan drive baru, ruang secara otomatis menggunakan kapasitas ekstra.

6: Virtualisasi

Virtualisasi adalah hal terbesar sebelum cloud menghantam industri TI dan masih menjadi hal yang harus dilakukan dalam hal server. Hyper-V adalah jawaban Microsoft untuk VMware / XenServer. Platform virtualisasi Microsoft disukai oleh banyak IT Pro dan dengan setiap versi baru hypervisor Windows menjadi sedikit lebih baik, dan Hyper-V di Windows Server 2012 menghadirkan sejumlah fitur baru. Salah satu yang paling menarik adalah Replika Hyper-V.

Ini adalah mekanisme replikasi yang akan berfungsi sebagai solusi pemulihan bencana untuk UKM yang mungkin tidak dapat menggunakan solusi replikasi yang rumit dan mahal. Ini mencatat perubahan ke disk di VM dan menggunakan kompresi untuk menghemat bandwidth, mereplikasi dari server utama ke server replika.

Anda dapat menyimpan banyak gambar VM di server replika dan kemudian memilih yang mana yang ingin Anda gunakan. Ia bekerja dengan host dan grup yang berdiri sendiri dalam kombinasi apa pun.

7: Infrastruktur Desktop Virtual

Layanan Terminal Windows diubah namanya menjadi Layanan Desktop Jarak Jauh dan sejak itu berkembang untuk menyertakan lebih dari sekadar kemampuan RDP ke desktop server jarak jauh. Microsoft kemudian meluncurkan solusi Virtual Desktop Infrastructure (VDI) terpusat pada Windows Server 2008 R2 dan sekarang beberapa perbaikan signifikan telah dilakukan pada Server 2012.

Anda tidak lagi memerlukan kartu grafis GPU khusus di server untuk menggunakan RemoteFX, yang sangat meningkatkan kualitas grafis dibandingkan RDP. Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan GPU virtual pada perangkat keras server standar. USB over RDP jauh lebih baik, dan fitur Fair Share dapat mengatur bagaimana CPU, memori, ruang disk, dan bandwidth dialokasikan di antara pengguna untuk menghentikan pengguna tertentu mencuri semua bandwidth.

8: Akses Langsung

DirectAccess seharusnya menjadi “pengganti VPN” Microsoft. Ini memungkinkan Anda membuat koneksi aman dari klien ke jaringan perusahaan tanpa kinerja yang terlalu padat dan dengan pengalaman pengguna yang lebih transparan daripada VPN tradisional. Administrator mendapatkan kontrol lebih besar atas mesin dan kemampuan untuk mengelolanya bahkan sebelum pengguna masuk. Kebijakan grup juga digunakan untuk mengoperasikan mesin dan tidak ada kerumitan untuk mengatur koneksi VPN.

Jadi mengapa Akses Langsung tidak dirilis? Dua alasan utama, tidak dapat divirtualisasikan dan bergantung pada IPv6. Namun pada Windows Server 2012, DirectAccess sekarang bekerja dengan IPv4 dan terlihat dapat berjalan di mesin virtual Hyper-V. Itu juga dilengkapi dengan wizard baru untuk membantu membuat konfigurasi lebih mudah.

9: Sistem File Tangguh

NTFS telah ada sejak 1993 dan merupakan penerus lama dan sangat dibutuhkan. Ada spekulasi awal bahwa sistem file baru akan diperkenalkan dengan Windows 7, tetapi tidak terwujud.

Windows Server 2012 akhirnya menghadirkan sistem file baru yang telah lama ditunggu-tunggu, Sistem File Tangguh. Meskipun mendukung banyak fitur NTFS, beberapa telah ditinggalkan, seperti kompresi file, EFS, dan kuota disk. Namun, sebagai gantinya, kami mendapatkan validasi data, koreksi otomatis, dan dirancang untuk bekerja dengan Ruang Penyimpanan untuk membuat grup penyimpanan logis yang dapat diperkecil / diperluas.

Skalabilitas maksimum adalah pendorong utama di balik ReFS, mendukung hingga 16 exabyte dalam praktiknya. ReFS mendukung batas teoritis 256 zetabytes (lebih dari 270 miliar terabytes) yang memungkinkan banyak penskalaan dan sejumlah besar penyimpanan cloud!

10: Lisensi mudah

Microsoft dan lisensi sederhana tidak benar-benar jatuh ke dalam kalimat yang sama. Namun Microsoft sebenarnya sudah mendengar kali ini dan Windows Server 2012 hanya ditawarkan dalam empat edisi: Data Center, Standard, Essentials dan Foundation. Dua yang pertama dilisensikan per prosesor ditambah CAL dan dua lainnya (untuk usaha kecil) dilisensikan per server dengan batasan jumlah akun pengguna (15 untuk Foundation dan 25 untuk Essentials)

11: Direktori Aktif Baru

Dalam lingkungan bisnis saat ini, data tidak selalu disimpan di server klien karena penggunaan teknologi cloud. Selain itu, data diakses oleh staf di berbagai perangkat yang berbeda seperti ponsel, laptop, desktop, dan perangkat yang dapat dilepas lainnya.

Untuk mengatasi tantangan baru ini, organisasi harus mengubah cara mereka mendekati identitas dan keamanan. Kontribusi Windows Server 2012 untuk membantu memenuhi tantangan ini adalah pengenalan Kontrol Akses Dinamis, dan menghadirkan kemampuan baru dan opsi penerapan untuk Akses Langsung. Ini berarti Anda akan dapat mengelola dan melindungi akses data dengan lebih baik, menyederhanakan penggunaan dan pengelolaan infrastruktur identitas Anda, dan memberikan akses data yang lebih aman dari mana saja secara virtual.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button